Hadir di Merauke, Pangkogabwilhan III Beri Semangat dan Motivasi Satgas Pamtas Yonif 123/Rajawali

Lensa Barometer Indonesia|| Pangkogabwilhan III Letjen TNI I Nyoman Cantiasa, S.E., M.Tr.(Han) dalam kunjungan kerjanya di wilayah Papua, kali ini hadir di Merauke untuk mengetahui secara langsung kesiapsiagaan pasukan penugasan di wilayah Perbatasan RI-PNG serta memberikan semangat dan motivasi kepada personel Satgas Pamtas Yonif 123/Rajawali, bertempat di Pos Pamtas Sota Merauke Papua, Minggu (24/7/2022).

BACA JUGA:

Korem 061/SK Pengamanan VVIP Hari Anak Nasional Tahun 2022 di Kebun Raya Bogor

 

Dalam arahannya, Pangkogabwilhan III memberikan beberapa penekanan khususnya terkait konsep penugasan di Papua sebagaimana yang diamanatkan oleh Undang-Undang. “Sesuai dengan perintah Bapak Panglima TNI, kita bekerja, bertugas harus sesuai aturan dan perundangan. Di Papua ini harus sesuai regulasi Instruksi Presiden Nomor 9 tahun 2020 tentang Percepatan Pembangunan yang endingnya adalah kesejahteraan dan terjaganya Kedaulatan NKRI dengan mengedepankan kegiatan Pembinaan teritorial dan komunikasi sosial,” jelas Letjen Cantiasa.

 

Lebih lanjut dikatakan Pangkogabwilhan III bahwa di Papua ini berlaku tertib sipil yang kendalinya ada di Gubernur, sehingga TNI harus mendukung khususnya dalam upaya percepatan pembangunan kesejahteraan rakyat Papua.

 

“TNI berasal dari rakyat dan bekerja untuk rakyat, di Papua ini ada istilah, apa yang dia bisa dan apa yang dia mau itu kau dukung, dalam membangun Tanah Papua ini, bukan malah apa yang dia tidak mau dan dia tidak bisa, kau paksakan, kita TNI harus menjadi solusi atas kesulitan rakyat Papua,” tegas Perwira bintang tiga tersebut.

 

Pangkogabwilhan III menyampaikan Satgas kedepan harus mampu melaksanakan tugas secara profesional, kreatif, kembangkan inovasi yang positif dalam melaksanakan tugas. Pada kesempatan tersebut Pangkogabwilhan III juga mengapresiasi atas kerja keras Satgas Pamtas Yonif 123/Rajawali khususnya dalam melaksanakan pengamanan patok-patok perbatasan RI-PNG.

 

“Saya bangga kepada kalian, dari 102 patok yang menjadi tanggung jawab kalian, semuanya telah dilaksanakan, dipatroli, dicek secara langsung, diketahui keberadaannya lengkap dan saya berharap agar selama penugasan tetap waspada, jangan lengah, karena pasukan sehebat apa pun, dilatih sekeras apa pun, kau lengah, selesai,” pungkasnya.

 

Sementara itu Dansatgas Pamtas Yonif 123/Rajawali Letkol Inf Goklas P Silaban, menyatakan bahwa kehadiran Pangkogabwilhan III sangat ditunggu dan diharapkan oleh personel Satgas Pamtas Yonif 123/Rajawali guna memberikan semangat, motivasi dan kebanggaan melalui penugasan di Papua ini.

 

“Kehadiran bapak Pangkogabwihan III ini dapat menambah semangat, memvaksin kami lebih semangat dalam melaksanakan tugas di perbatasan RI-PNG ini dalam menjaga kedaulatan NKRI,” ujarnya.

 

Usai pengarahan rombongan meninjau PLBN Sota dan Patok MM-13 perbatasan RI-PNG dan bertemu langsung dengan masyarakat yang berada di perbatasan RI-PNG, Sota, Merauke. (***)

Tinggalkan Balasan