Rapat Evaluasi Jadikan Sarana Tingkatkan Kinerja

Lensa Barometer Indonesia Bandung || Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo yang juga sebagai Wakil Komandan Bidang Penataan Ekosistem I Citarum Harum, membuka secara resmi Rapat Evaluasi Satgas Citarum Harum tahap I TA. 2022, berlangsung di Ruang Silihwangi Makodam III/Slw Jln. Aceh No. 69 Kota Bandung Jawa Barat, Kamis (30/6/2022). 

BACA JUGA:

Kodam III/Slw Menyiapkan Latihan Gabungan Keadaan Mendesak Bersama Seluruh Instansi Terkait

 

Rapat Evaluasi Satgas Citarum Harum tahap I TA. 2022 dihadiri Kasdam III/Siliwangi, Irdam III/Siliwangi, Kapok Sahli Pangdam III/Slw, Danrem 063/SGJ, Asrendam III/Slw, para Asisten Kasdam III/Slw, Dansat/ Kabalak jajaran Kodam III/Siliwangi, para Dansektor, Dansubsektor Citarum Harum, serta para undangan lainnya.

 

Pangdam III/ Siliwangi menyambut baik dan memberikan apresiasi yang tinggi, atas terselenggaranya kegiatan Rapat Evaluasi Satgas Citarum Harum Tahap I TA. 2022, sebagai sarana untuk melakukan evaluasi kegiatan yang sudah dilaksanakan di tahap I dan menjadi bahan perbaikan untuk tahap II di tahun 2022 ini.

 

Demikian dikatakan Kepala Penerangan Daerah Militer (Kapendam) III/Siliwangi seusai mendampingi Pangdam III/Siliwangi membuka Rapat Evaluasi Satgas Citarum Harum di Ruang Silihwangi.

 

Lebih lanjut dikatakannya, Pangdam III/Siliwangi dalam sambutannya mengatakan bahwa dengan digelarnya rapat evaluasi tersebut, diharapkan dapat memberikan saran dan masukan yang positif, dalam rangka peningkatan kinerja Satgas Citarum Harum di lapangan. Begitu pula dengan pertanggung-jawaban keuangan, harus dapat dibuat laporannya secara nyata, transparan, obyektif dan akuntabel. Dilengkapi dengan laporan progres kegiatan program Citarum Harum yang mengacu kepada rencana aksi yang sudah dibuat.

 

Pangdam pun mengingatkan bahwa Satgas Citarum Harum ini merupakan tugas tambahan dan tugas kerja sama, melibatkan beberapa instansi terkait dan masyarakat. Dengan interaksi sosial tersebut diharapkan banyak dampak yang terjadi dan harus ada progress yang di capai.

 

Pangdam III/Slw juga menyampaikan, akan mencari alternatif sebagai pendampingan bila Citarum Harum ini selesai. Kodam III/Siliwangi akan memposisikan diri sebagai fungsi pengawasan, juga sebagai institusi militer. “Semua pekerjaan itu melelahkan, namun tunjukkan output yang memang sesuai dengan kapasitas pekerjaannya.” tegasnya

 

Lebih lanjut dikatakannya bahwa evaluasi ini harus ada solusi, target juga capaiannya. “Saya menganggap transisi pemeliharaan sungai yang akan dihandle oleh Pemerintahan Daerah harus sudah terbentuk seperti Satgas – Satgas yang hari ini kita masih menjalankan”.ujarnya

 

Seusai Rapat Evaluasi acara dilanjutkan dengan paparan yang disampaikan oleh para Pejabat terkait antara lain, Irdam III/Slw memaparkan evaluasi administrasi dan logistik tahap 1, dilanjutkan paparan hasil monitoring dan evaluasi tahap 1 oleh Waasrendam III/Slw, kemudian paparan progress kegiatan Satgas Citarum Harum oleh Aster Kasdam III/Slw.

 

Sementara kegiatan di Sektor 22 dipaparkan oleh Kolonel Inf Eppy dan ditutup oleh paparan tentang hasil monitoring serta evaluasi tahap 1 oleh Kepala BBWS.

 

Kapendam menambahkan, rapat evaluasi ini akan menentukan eskalasi pembenahan Sungai Citarum dalam jangka panjang, karena itu dalam pelaksanaannya memerlukan keterlibatan secara aktif setiap unsur dari berbagai pihak terkait,” ujarnya. (St05/pen)

Tinggalkan Balasan